Call Us Today: +62217198668
CICILAN

0%

DAILY RENT

AVAILABLE

EVERYDAY

9am - 6pm

Tips Melakukan Negosiasi Sebelum Menyewa Apartemen

Tips Melakukan Negosiasi Sebelum Menyewa Apartemen

By in Articles with 0 Comments

Tips Melakukan Negosiasi Sebelum Menyewa Apartemen

 

Kebutuhan akan tempat tinggal di kota besar seperti Jakarta cukup tinggi. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan menyewa apartemen atau penthouse. Banyak apartemen di Jakarta menawarkan fasilitas sewa yang menarik. Dalam urusan sewa-menyewa apartemen, proses yang harus dilewati adalah negosiasi antara calon penyewa dengan pemilik apartemen. Bagi Anda yang ingin melakukan negosiasi untuk menyewa apartemen, ada baiknya menyimak tips-tipsnya berikut.

Lakukan riset terlebih dahulu

Menyewa apartemen memerlukan banyak informasi agar Anda bisa membandingkan harga, lokasi, dan fasilitas yang diinginkan. Sebaiknya Anda lakukan riset jauh-jauh hari sebelumnya. Bila melakukan riset di waktu yang semakin mepet, hasilnya pun tidak akan maksimal. Anda juga akan merasa stres jika negosiasi dilakukan pada saat-saat terakhir.

Sebagai langkah awal dalam riset, Anda bisa menggali informasi di situs-situs yang memang mengkhususkan diri dalam bidang sewa apartemen seperti savajakarta.com. Ketika Anda mendapatkan materi sebelum negosiasi, Anda akan merasa lebih tenang dan mendapat gambaran awal.

 

Yakinkan pemilik bahwa Anda adalah penyewa yang baik

Sikap Anda memiliki pengaruh besar sebelum menyewa apartemen atau penthouse. Di awal-awal, pemilik apartemen mungkin merasa belum yakin dengan Anda, mungkin karena baru mengenal atau hal lainnya. Tapi jangan putus asa, Anda bisa menciptakan kesan diri sebagai calon penyewa yang baik kepada pemilik. Yakinkan bahwa diri Anda memiliki sejarah yang baik, seperti mampu membayar sesuai jadwal yang ditentukan dan mampu mengajak penyewa baru untuk unit lain. Katakan pula bahwa Anda mampu menjaga kondisi lingkungan dan mampu memberikan kontribusi.

Penting juga bagi Anda untuk memperhatikan penampilan saat negosiasi. Karena dengan penampilan rapi, pemilik apartemen akan memperlakukan Anda dengan baik. Semisalnya, Anda datang dengan pakaian rapi dan membawa mobil yang bersih pula untuk menampilkan kesan baik.

 

Membuat jadwal untuk bertatap muka

Saat akan melakukan negosiasi, Anda bisa membuat jadwal dengan pemilik apartemen. Buatlah jadwal jauh-jauh hari agar bila ada sesuatu yang mendadak, maka bisa dikondisikan kembali. Anda juga harus memahami pula musim sewa apartemen. Misalnya, musim semester baru umumnya menjadi waktu paling sibuk bagi pemilik. Sedangkan biasanya pemilik akan lebih fleksibel bernegosiasi di akhir pekan.

Buatlah kesepakatan bersama agar kedua pihak bisa meluangkan waktu. Segera beri kabar apabila Anda mendadak tidak bisa untuk bertatap muka. Sampaikan maaf sebelumnya karena Anda tidak bisa hadir. Dengan begitu, hal ini akan menunjukkan pribadi Anda lebih berwibawa dan memiliki karakter positif di mata pemilik.

 

Pahami situasi dan kondisi

Memahami situasi dan kondisi sebelum melakukan negosiasi tidak kalah pentingnya. Bekali diri Anda dengan harga sewa apartemen di Jakarta, semisalnya bila Anda ingin menyewa apartemen atau penthouse di sekitaran Jakarta. Setelah Anda memiliki bekal berupa informasi harga tersebut, mintalah harga sewa pada pemilik. Anda sebaiknya menyiapkan harga yang realistis apabila tidak setuju dengan yang ditawarkan pemilik. Namun, ingat, jangan mematok harga terlalu rendah.

Jika saat negosiasi tidak mencapai kesepakatan yang diinginkan, Anda janganlah bersifat konfrontatif. Bila ini terjadi, pemilik akan merasa enggan dengan Anda atau bahkan bisa saja membatalkan perjanjian sebelumnya.

 

Tanyakan diskon apa yang bisa Anda dapatkan

Meminta diskon atau potongan harga kepada pemilik apartemen sangat sah dilakukan. Biasanya pemilik apartemen atau penthouse akan memberikan diskon apabila Anda bisa memberi referensi kepada calon penyewa lainnya. Di sini diperlukan kemampuan tawar menawar bagi penyewa untuk meyakinkan pemilik.

Anda juga harus meyakinkan pemilik bila dengan adanya diskon, pelunasan akan segera dilakukan secepatnya. Selain itu, yakinkan padanya tidak ada pemilik lain yang lebih baik dan sertai bukti-bukti nyatanya. Dengan cara ini mungkin pemilik akan berpikir untuk memberikan diskon pada Anda.

 

Negosiasi merupakan salah satu proses paling penting dalam menyewa apartemen. Proses inilah yang akan menentukan apakah Anda akan mendapatkan apartemen idaman Anda. Oleh sebab itu, lakukan beberapa tips di atas agar negosiasi Anda berjalan lancar.

Loading
Share This

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *