page contents
Call Us Today: +62217198668
CICILAN

0%

DAILY RENT

AVAILABLE

EVERYDAY

9am - 6pm

Selain Harga, Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Apartemen

Selain Harga, Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Apartemen

By in advertorial with 0 Comments

Tinggal di sebuah apartemen kini menjadi pilihan hunian di kalangan masyarakat perkotaan. Namun, karena pekerjaan yang mengharuskan seseorang berpindah-pindah tempat, maka sewa apartemen menjadi salah satu opsi alternatif. Bagi Anda yang ingin menyewa apartemen, faktor harga memang menjadi pertimbangan utama. Di samping itu, masih ada beberapa hal lainnya yang juga perlu diperhatikan. Ini dia penjelasannya.

Lokasi

Lokasi sewa adalah hal yang tak kalah penting setelah harga untuk Anda pertimbangkan. Demikian ungkap CEO National Apartment Association, Doug Culkin, seperti dilansir dari laman Kompas.com. Pastikan lokasi apartemen berada di wilayah strategis. Seperti dekat dengan kantor, sekolah, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya. Termasuk juga sarana transportasi dan jalan utama. Hal ini untuk memudahkan Anda menjalani aktivitas sehari-hari.

Bayangkan saja bila unit apartemen yang disewa jauh dari fasilitas umum, maka Anda pun harus berpikir dua kali di saat membutuhkan fasilitas tersebut. Selain itu, pasti juga banyak waktu yang akan terbuang di jalan dan mengganggu aktivitas Anda. Beberapa contoh lokasi apartemen yang strategis adalah seperti Apartemen Kemang Village, Setiabudi Sky Garden, dan Apartemen Essence Darmawangsa.

Perjanjian dewa

Jika sudah masuk tahap perjanjian sewa, Anda harus jeli melihat kontrak yang disepakati. Baca dan periksa surat perjanjian sewa secara teliti. Biasanya surat perjanjian sewa mencantumkan hal yang jadi tanggung jawab dan kewajiban penyewa. Bisa berupa jumlah uang sewa, waktu sewa, biaya lainnya, termasuk pula siapa yang menanggulangi kerusakan barang tertentu.

Sebaiknya surat sewa harus dibuat rangkap dua untuk masing-masing pihak (penyewa dan pemilik). Jangan lupa pula untuk memakai materai di atas surat ini sebagai bukti legal keabsahan surat. Hal penting lainnya yang penting untuk Anda ingat ialah sebaiknya hindari perjanjian sewa secara lisan. Walaupun bisa dipercaya, tetap saja tidak ada bukti kuat bila dibandingkan dengan secara tertulis. Jadi, bila terdapat masalah di kemudian hari, Anda tidak kebingungan.

Fasilitas yang akan didapat

Anda pun perlu menanyakan fasilitas apa saja yang didapat dengan harga sewa yang sudah disepakati. Jangan sampai harga yang sudah ditawarkan begitu tinggi namun minim fasilitas di dalamnya. Biasanya fasilitas yang didapat berupa peralatan dapur, ranjang, hingga perlengkapan kamar mandi.

Sebaiknya juga Anda mengecek fasilitas yang didapat tersebut, apakah masih berfungsi dengan baik atau belum. Bila mengalami kendala atau fasilitas tersebut tidak sesuai perjanjian, Anda bisa melakukan negosiasi ulang dengan pemilik apartemen.

Melakukan survei langsung ke lokasi

Dari manakah Anda mengetahui lokasi sewa apartemen? Di surat kabar atau situs yang menawarkan sewa apartemen? Biasanya di kedua media tersebut ditampilkan foto maupun video apartemen yang disewakan. Ini dilakukan untuk menarik minat calon penyewa. Namun, bila Anda ingin memastikan kondisi apartemen, tidak ada salahnya mendatangi lokasinya langsung untuk melakukan survei.

Agar makin yakin, Anda bisa mengajak agen atau pemilik apartemen tersebut sehingga Anda bisa langsung bertanya tentang unitnya. Siapa tahu mereka akan memberikan potongan harga atau fasilitas tambahan untuk Anda, bukan?

Komunikasikan dengan pemilik

Setelah meninjau lokasi apartemen yang akan Anda sewa, langkah berikutnya adalah berkomunikasi dengan pemilik apartemen. Komunikasikan apa saja terkait unit apartemen tersebut, termasuk kesepakatan-kesepakatan yang sudah dibicarakan sebelumnya. Tidak menutup kemungkinan juga untuk mengeosiasikan kembali harga sewa.

Ketika berkomunikasi dengan pemilik apartemen, kesankan kepadanya jika Anda adalah seorang penyewa yang baik. Usahakan pula untuk membuat jadwal tatap muka dengan pemilik. Akan lebih baik dibicarakan langsung dibandingkan melalui telepon, chat, maupun email. Semakin sering Anda berkomunikasi dengan pemilik apartemen, besar pula kesempatan untuk membangun relasi bisnis dengannya. Anda pun bisa merekomendasikan unit apartemen miliknya kepada rekanan.

Bagaimana, sudah siap untuk menyewa unit apartemen pilihan Anda setelah membaca tips di atas?

 

Baca juga: Tips Melakukan Negosiasi Sebelum Menyewa Apartemen

Loading
Share This

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *